Senin, 20 Juli 2020

Materi 2 : Menentukan Struktur dan Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita

Rangkum dan tulis ulang di buku catatan 


BAB I 
SEPUTAR BERITA INDONESIA 


A.  A.   Menentukan Unsur-Unsur Berita

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu :

1.  menjelaskan pengertian berita;

2.    mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang kamu dengar dan kamu  baca.  


Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako).

Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.

Penumpukan truk bersumbu dua tersebut seperti di Pelabuhan Merak menyebabkan antrean truk sekitar 100 meter dari pintu masuk kapal. Antrean terjadi di dermaga satu hingga dermaga empat. Tetapi, antrean tersebut masih dalam batas normal. Antrean belum membeludak ke luar area parkir pelabuhan. Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal. (Sumber: Kompas dengan beberapa penyesuaian)

        1.   Unsur-Unsur Berita

Pertanyaan

Unsur-Unsur Berita

1.   Peristiwa apa yang terjadi?

2.   Siapa yang mengalami  peristiwa  itu?

3.   Di mana peristiwa itu terjadi?

4.   Kapan peristiwa itu terjadi?

 

5.   Mengapa peristiwa itu terjadi?

6.   Bagaimana proses terjadinya peristiwa?

Padatnya Pelabuhan Merak.

Truk-truk pengangkut barang nonsembako.

 Di Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu, (15/11).



Adanya larangan melintas bagi truk nonsembako pada 21–25 November

Proses tersebut menyebabkan antrean truk di pintu masuk kapal.

 

Keenam pertanyaan itu terkerangka pada rumus 5W+1H. What (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Keenam pertanyaan tersebut merupakan cara tepat menemukan unsur-unsur berita. Keenam unsur berita itu dapat disingkat dengan ADIKSIMBA untuk memudahkan di dalam mengingatnya: Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana.

 

2.   Penyimpulan Isi Berita

Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan contoh kesimpulan atas suatu informasi. Adapun yang dimaksud dengan kesimpulan adalah kata-kata akhir dari suatu uraian. Di dalam kesimpulan harus memuat unsur-unsur berita dengan rumusan lebih ringkas. Dengan demikian, kesimpulan tentang isi berita harus memanfaatkan ringkasan kita sebelumnya terhadap pokok-pokok informasi. Pokok-pokok informasi tersebut dengan berpatokan pada rumus ADIKSIMBA.

 

B.     B.  Tanggapan terhadap Isi Berita

Perhatikanlah pernyataan-pernyataan di bawah ini!

a.         Saya kira informasi yang disampaikan berita itu cukup akurat karena isinya tidak jauh berbeda dengan informasi-informasi yang disampaikan sumber berita lain.

b.         Informasi yang disampaikan berita tadi malam masih diragukan kebenarannya. Setelah saya cross check dengan berita dari sumber lainnya ada yang berbeda, terutama di dalam penyampaian informasi jumlah korban. Jumlah korban tidak sebanyak dengan yang diinformasikan dalam berita itu.

c.         Bahasa yang disampaikan berita itu cukup jelas. Sebagai pendengar, mudah untuk memahami informasi yang disampaikan penyampai berita.

 

Ketiga contoh pernyataan tersebut sebagai tanggapan terhadap isi berita. Adapun yang dimaksud dengan tanggapan adalah sambutan terhadap suatu ucapan. Isinya bisa berupa kritik atau komentar. Berkaitan dengan pemberitaan, aspek yang ditanggapi bisa berkenaan dengan isi beritanya itu sendiri dan kebahasaannya. Contoh (a) dan (b) merupakan tanggapan berkaitan dengan isi dan struktur berita. Contoh (c) berkaitan dengan aspek bahasanya.

 

C.      C.  Menemukan Struktur dan Kaidah Berita

Setelah mempelajari materi ini, diharapkan kamu mampu menentukan struktur dan kebahasaan teks berita yang kamu dengar dan kamu baca.

1.   Struktur Berita

       Informasi penting disebut juga pokok-pokok informasi atau unsur-unsur berita (utama). Dalam ilmu jurnalistik atau ilmu persuratkabaran, pokok-pokok informasi terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok- pokok informasi itu dapat pula disingkat dengan ADIKSIMBA (Apa, DI mana, SIapa, Mengapa, Bagaimana) .

a.    Apa (what) peristiwanya?

b.    Siapa (who) yang mengalami peristiwa itu?

c.    Di mana (where) terjadinya peristiwa itu?

d.   Kapan (when) terjadinya peristiwa itu?

e.    Mengapa (why) peristiwa itu terjadi?

 f.    Bagaimana (how) proses peristiwanya?

 D.   Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu menjelaskan pentingnya berita serta menyajikan informasi yang ada didalamnya secara tulis dan lisan dengan memperhatikan ketetapan struktur dan kaidah kebahasaannya.




SETELAH SELESAI MENCATAT SILAHKAN DIPOTO DAN DI UPLOADKAN LINK
 DIBAWAH INI


KIRIM TUGAS DISINI

2 komentar:

Materi 6 : Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Tugasnya : Silahkan untuk ditulis dibuku catatan.   1.        Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster Berdasarkan contoh-contoh sebelumn...