A. A. Menentukan Unsur-Unsur Berita
Setelah mempelajari materi ini,
kamu diharapkan mampu :
1. menjelaskan pengertian berita;
2. mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang kamu dengar dan kamu baca.
Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11),
Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang
nonsembilan bahan pokok (non sembako).
Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan
dengan adanya larangan melintas
bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan
tersebut berlaku bagi truk bersumbu
lebih dari dua.
Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.
Penumpukan truk bersumbu dua tersebut seperti
di Pelabuhan Merak menyebabkan antrean truk sekitar 100 meter dari
pintu masuk kapal. Antrean terjadi di dermaga satu hingga dermaga empat. Tetapi, antrean tersebut masih dalam
batas normal. Antrean
belum membeludak ke luar area
parkir pelabuhan. Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari
untuk bisa masuk kapal. (Sumber: Kompas dengan
beberapa penyesuaian)
Pertanyaan |
Unsur-Unsur Berita |
1.
Peristiwa apa yang
terjadi? 2.
Siapa yang mengalami peristiwa itu? 3.
Di mana peristiwa itu terjadi? 4.
Kapan peristiwa itu
terjadi?
5.
Mengapa peristiwa itu
terjadi? 6.
Bagaimana proses terjadinya peristiwa? |
Padatnya Pelabuhan Merak. Truk-truk pengangkut barang nonsembako. Di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Sepuluh hari menjelang Lebaran,
Sabtu,
(15/11). Adanya larangan melintas bagi
truk nonsembako pada 21–25 November Proses tersebut menyebabkan antrean truk di
pintu masuk
kapal. |
Keenam pertanyaan itu terkerangka pada
rumus 5W+1H. What (apa), who (siapa), where (di
mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Keenam pertanyaan tersebut merupakan cara tepat menemukan
unsur-unsur berita. Keenam unsur berita
itu dapat disingkat dengan ADIKSIMBA untuk memudahkan di dalam
mengingatnya: Apa, Di mana,
Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana.
2. Penyimpulan
Isi
Berita
Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan contoh
kesimpulan atas suatu informasi. Adapun yang dimaksud dengan
kesimpulan adalah kata-kata
akhir dari suatu uraian. Di dalam kesimpulan harus memuat unsur-unsur berita dengan rumusan lebih ringkas. Dengan demikian,
kesimpulan tentang isi berita harus memanfaatkan ringkasan kita sebelumnya terhadap
pokok-pokok informasi. Pokok-pokok informasi tersebut dengan berpatokan
pada rumus ADIKSIMBA.
B. B. Tanggapan terhadap Isi Berita
Perhatikanlah pernyataan-pernyataan di bawah ini!
a.
Saya kira informasi yang disampaikan berita
itu cukup akurat
karena isinya tidak jauh berbeda dengan
informasi-informasi yang disampaikan sumber berita lain.
b.
Informasi yang disampaikan berita tadi malam masih diragukan kebenarannya. Setelah saya cross check dengan berita dari sumber
lainnya ada yang berbeda, terutama
di dalam penyampaian informasi jumlah
korban. Jumlah korban tidak sebanyak dengan yang diinformasikan dalam
berita itu.
c.
Bahasa yang disampaikan berita itu cukup
jelas. Sebagai pendengar, mudah untuk memahami
informasi yang disampaikan penyampai berita.
Ketiga contoh pernyataan tersebut sebagai tanggapan
terhadap isi berita. Adapun yang dimaksud dengan
tanggapan adalah sambutan
terhadap suatu ucapan. Isinya bisa berupa kritik atau komentar. Berkaitan
dengan pemberitaan, aspek yang ditanggapi bisa
berkenaan dengan isi beritanya itu sendiri dan kebahasaannya. Contoh
(a) dan (b) merupakan tanggapan berkaitan dengan isi dan struktur berita. Contoh (c) berkaitan dengan
aspek bahasanya.
C. C. Menemukan Struktur dan Kaidah Berita
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan kamu
mampu menentukan struktur dan kebahasaan teks berita yang kamu dengar dan kamu
baca.
1.
Struktur Berita
Informasi penting disebut juga pokok-pokok informasi
atau unsur-unsur berita (utama). Dalam ilmu
jurnalistik atau ilmu
persuratkabaran, pokok-pokok informasi terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok- pokok informasi itu dapat pula disingkat dengan
ADIKSIMBA (Apa, DI mana,
SIapa, Mengapa,
Bagaimana) .
a. Apa (what) peristiwanya?
b. Siapa (who) yang mengalami
peristiwa itu?
c. Di mana (where) terjadinya peristiwa itu?
d. Kapan (when) terjadinya
peristiwa itu?
e. Mengapa (why) peristiwa
itu terjadi?
f. Bagaimana (how)
proses peristiwanya?
D. Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita
Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu
menjelaskan pentingnya berita serta menyajikan informasi yang ada didalamnya
secara tulis dan lisan dengan memperhatikan ketetapan struktur dan kaidah
kebahasaannya.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusHp na kentang/butut janten butut hasil na
BalasHapus