Kamis, 29 Oktober 2020

Materi 6 : Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Tugasnya : Silahkan untuk ditulis dibuku catatan. 


1.       Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Berdasarkan contoh-contoh sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Tujuan ketiganya sama untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu. Berikut perbedaan antara iklan, slogan, dan poster.

a.        Iklan merupakan teks persuatif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara.

b.        Slogan merupakan teks persuatif yang mengutamakan unsur kata-kata.

c.        Poster merupakan teks persuatif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum.

Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah tabel berikut!

 

 

Bentuk Teks

Unsur-unsur

Gambar

Kata-kata

Gerak

Suara

a. Iklan

ü

ü

ü

ü

b. Slogan

-

ü

-

ü

c. Poster

ü

ü

-

-

 

A.  Menyimpulkan Informasi dan Pesan dalam Iklan

Setelah memepelajari materi ini, kamu diharapkan mampu :

1.         Menjelaskan kembali unsur-unsur pembentuk iklan;

2.         Menyimpulkan informasi, pesan, ajakan di dalam iklan.

 

1.  Unsur-Unsur Pembentuk Iklan

Pada pelajaran sebelumnya, kamu sudah mempelajari pengertian dan karakteristik iklan. Bahkan, kamu lebih memahami perbedaan iklan dengan slogan dan poster. Adapun maksud iklan itu sendiri dapat kamu pahami secara lebih lengkap berdasarkan unsur-unsur pembentuknya, yang meliputi sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan konteks.

a.      Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan.

b.      Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal.

c.       Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya.

d.     Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.

e.      Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.

f.        Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian narkoba.

 

 

Setelah dicatat, kemudian hasilnya dipoto lalu kirim ke Link dibawah ini : 


KIRIM DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi 6 : Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Tugasnya : Silahkan untuk ditulis dibuku catatan.   1.        Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster Berdasarkan contoh-contoh sebelumn...