Minggu, 23 Agustus 2020

Materi 4 : Bab II Iklan, Sarana dan Komunikasi

Tugasnya : Silahkan untuk ditulis dibuku catatan.



BAB II

IKLAN, SARANA DAN KOMUNIKASI

 

         A. Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu :

Menjelaskan pengertian, fungsi, serta mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan, slogan, atau poster dari berbagai sumber. 


1.      Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan, dan Poster

Perhatikanlah teks berikut!

 

 

Dengan karakteristik seperti itu, iklan dapat diartikan sebagai teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa. Pada umumnya iklan disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet. Unsur yang ditampilkan adalah gambar, gerak, kata-kata atau suara.

Iklan tidak hanya merupakan bagian dari industri berskala besar. Dewasa ini, iklan merupakan sarana yang banyak digunakan untuk kepentingan- kepentingan di bawah ini.

a.        Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa.

b.        Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.

c.       Bagi Pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.

d.        Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi.

 

Keberagaman itu muncul pula pada bentuk dan teknik penyajiannya. Oleh karena itu, terdapat istilah slogan dan poster.


a.        Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntuntan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.

Contoh:

Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. (Slogan tentang perlunya mengutamakan kesetaraan antarsesama.)

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. (Slogan tentang perlunya persatuan dan kesatuan.)

Tiada hari tanpa prestasi. (Slogan tentang pentingnya mengukir prestasi setiap hari.)

 

b.        Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster lazimnya dipasang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap. 

contohnya : 


Setelah dicatat, kemudian hasilnya dipoto lalu kirim ke Link dibawah ini : 


KIRIM DISINI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi 6 : Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Tugasnya : Silahkan untuk ditulis dibuku catatan.   1.        Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster Berdasarkan contoh-contoh sebelumn...